TEKNOLOGI REBOISASI TEPAT GUNA SALAH SATU ALTERNATIF KONSERVASI DAERAH ALIRAN SUNGAI WADUK WONOGIRI

Kirno Kirno, Sarwono Sarwono

Abstract


Waduk Wonogiri adalah salah satu pengendali banjir di Bengawan Solo berfungsi sebagai pengendali banjir, waduk tersebut memiliki multi guna yaitu untuk air irigasi, pembangkit tenaga listrik, perikanan, pariwisata dll. Mengingat DAS waduk Wonogiri tataguna lahannya sudah banyak berubah, alih fungsi lahan dari hutan menjadi lahan pertanian akibat perkembangan kebutuhan manusia, maka terjadi laju erosi yang tinggi, dan akhirnya mengendap di waduk. Hal ini umur waduk akan menjadi berkurang. Salah satu pemasok sedimen terbesar adalah dari sub DAS Keduang, selain luas DAS nya yang paling besar juga kondisinya sudah kritis. Tindakan konservasi sangat di perlukan dalam pengendalian laju erosi. Upaya reboisasi yang diterapkan harus secara efisien dan tepat guna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menetukan alternatif teknik reboisasi sehingga bisa menurunkan laju erosi dan aliran permukaan. Untuk mengetahui laju erosi permukaan dianalisis dengan metode USLE dan dikalibrasi dengan pengukuran langsung, sedangkan aliran permukaan dianalisis berdasarkan kondisi aktual dan setelah direboisasi dengan rumusan Rational yang dikalibrasi pengukuran debit aliran secara langsung. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa reobisasi lahan tegal dan hutan dengan tanaman reboisasi terpilih merupakan skenario yang paling efisien dalam penangulangan erosi.

Keywords


Reboisasi; aliran permukaan; erosi; sedimentasi; metode USLE; lahan kritis; umur guna

References


Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan Balai Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, tahun 1993, Laporan Kajian Karakterisrik Aliran Sungai DAS. Keduang.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan Balai Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, tahun 1995, KajianTeknik Konservasi Tanah Teras dan Pola Tanam di DAS.Keduang.

Bambang Triatmojo tahun 1990, Hidrologi Terapan. Jica. tahun 2007, Studi Penanganan Sedimentasi di Waduk Serbaguna Wonogiri Laporan bagian II: Studi Kelayakan

Jica, tahun 2007, Work shop ke 3, 14 Februari 2007 .Tim Studi Jica.

Ministry of Agriculture, 2000, Universal Soil Loss Equation (USLE), Ontario.

Pramono. IB. Nining. W,Joko.W, Purwanto, tahun 2009, Aliran Permukaan dan Erosi Dari Beberapa Model Hutan Tanaman Terpadu di Sub DAS. Dungwot, DAS. Keduang Prosiding Ekspose Balai Penelitian Kehutanan Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.32679/jth.v2i1.246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL TEKNIK HIDRAULIK

Indexed by:
   Sinta Science and Technology IndexCrossref logo 
 
       
 
 
 
Sekretariat:
 
Pusat Litbang Sumber Daya Air, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat