Kajian Optimasi Desain Saluran Dalam Rangka Pengendalian Banjir Di Citarum Hulu

Dessy Rosliani, James Zulfan, Yiniarti Eka Kumala

Abstract


DAS sungai Citarum bagian hulu mengalami perubahan tata guna lahan di daerah tangkapan sungai utama maupun anak-anak sungai, selain itu juga di beberapa lokasi telah terjadi penurunan lahan (landsubsidence) sebesar 0,1 0,6 meter dari tahun 2009 sampai 2012. Selain itu terjadi laju sedimentasi yang tinggi sehingga sungai saat ini sudah tidak mampu mengalirkan debit banjir 5 tahunan. Hal tersebut berdampak pada besarnya banjir saat musim hujan dan musim kemarau yang ditandai dengan semakin menurunnya muka air tanah. Salah satu alternatif penanggulangan yang ada saat ini adalah melakukan normalisasi dan penyesuaian saluran sungai ke saluran tunggal (single channel) atau saluran ganda (compound channel) untuk meningkatkan kapasitas sungai. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kondisi hidraulik dari kedua saluran tersebut melalui simulasi pemodelan numerik satu dimensi menggunakan program Mike11. Analisis ini menggunakan data topografi, data debit, data laju angkutan sedimen hasil pengukuran dan data hasil pemantauan penurunan lahan di lapangan. Kalibrasi juga penting dilakukan untuk memverifikasi keakuratan hasil pengukuran di lapangan, agar keluaran dari perangkat lunak sesuai dengan besaran yang sebenarnya. Berdasarkan hasil pemodelan ini terlihat bahwa kedua saluran mampu meningkatkan kapasitas tampungan sungai, namun dilihat dari pola sedimentasinya saluran ganda memiliki pengaruh sedimentasi yang lebih kecil daripada saluran tunggal sehingga disarankan untuk menggunakan saluran ganda. Hasil pemodelan tersebut dapat dijadikan rekomendasi untuk pengelolaan sungai Citarum.

Keywords


Citarum hulu; pemodelan numerik; saluran tunggal; sedimentasi; pengendalian banjir

References


Deltares, Upper Citarum Basin Flood Management, 2011.

DHI Water & Environment, MIKE 11 A Modelling System for Rivers and Channels User Guide, June 2002

Dinas PSDA Provinsi Jawa Barat, Studi Revitalisasi Curug Jompong, 2008.

JICA, The Study on The Flood Control Plan of The Upper Citarum Basin, 1987.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air, Kajian Komprehensif Penanganan Banjir di Sungai CitarumHulu, November 2006.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air, Laporan Akhir Penanganan Banjir di Sungai Citarum Hulu, 2010.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air, Laporan Akhir Model Sistem Penelitian Pengelolaan Bencana Banjir di Daerah Aliran Sungai (Studi Kasus DAS Citarum), Desember 2011.

PT Trisnawati M., DHI Konsult Sdn. Bhd., MIKE 21C Training, 2008.




DOI: https://doi.org/10.32679/jth.v4i1.273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL TEKNIK HIDRAULIK

Indexed by:
   Sinta Science and Technology IndexCrossref logo 
 
       
 
 
 
Sekretariat:
 
Direktorat Bina Teknik Sumber Daya Air, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat