Analisis Gerak Mula Partikel Sedimen Kohesif (Studi Kasus Lumpur Lapindo Di Sungai Porong)

Dery Indrawan, M. Cahyono, Arie Setiadi Moerwanto

Abstract


Penelitian ini dilakukan guna mengetahui gerak mula partikel lumpur Lapindo yang dicari melalui serangkaian percobaan di laboratorium hidraulik. Hal ini menjadi penting karena lumpur yang dialirkan ke Kali Porong tidak bisa terangkut ke muara dengan mudah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memprediksi besaran debit minimal yang diperlukan agar dapat membilas lumpur yang dibuang ke Kali Porong secara hidraulis pada berbagai elevasi muka air laut. Besar nilai tegangan geser kritis,??cr material lumpur Lapindo didapatkan dengan cara melakukan percobaan gerak mula pada berbagai variasi kedalaman dan memperhitungkan lamanya lumpur mengendap. Skenario pengujian meliputi simulasi gerak mula lumpur dari mulai permukaan hingga kedalaman 3m. Adapun lama pengendapan lumpur dalam simulasi ini dibatasi hingga 14 hari. Untuk mengetahui besar debit pembilasan dilakukan dengan cara membandingkan besarnya parameter tegangan geser kritis sedime,?cr, dengan tegangan geser dasar aliran Kali Porong,??0 yang dihitung dengan bantuan model matematik. Apabila ?0 > ?cr maka dapat dipastikan lumpur akan dapat diangkut oleh aliran Kali Porong. Apabila sebaliknya, maka akan terjadi pengendapan di ruas tersebut. Berdasarkan penelitian dapat diketahui bahwa semakin dalam dan lama pengendapan terjadi, maka debit yang diperlukan menjadi semakin besar. Debit diperlukan semakin besar apabila muka air laut sedang berada pada kondisi pasang. Hasil model menunjukan besaran debit mi

Keywords


Lumpur Lapindo; gerak mula partikel; tegangan geser; sedimen; debit minimum

References


Badan Pelaksana Penanggulangan Lumpur Sidoarjo, 2007, Laporan Badan Pelaksana Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo.

Coastal Engineering Research Center, Shore Protection Mannual Volume 1. 1984.

Moerwanto, Arie Setiadi, 1997, A Riverine Finite Element Model With Sediment Transport Sub Procceses, Disertasi S3, University of Wollongong.

Pranoto, Wati, 2006, Kajian Karakteristik Sedimen Tegangan Geser Kritis Erosi dan Kecepatan Jatuh, Disertasi S3, Institut Teknologi Bandung.

Tim Nasional Penanganan Lumpur Sidoarjo, 2006, Laporan Timnas Penanganan Lumpur Sidoarjo 2006.

Van Rijn L.C., 1993, Principles of Sediment Transport in Rivers, Estuaries and Coastal Seas, Universiy of Utrecht Department of Physical Geography, Delft Hydraulics.

Van Rijn, Leo C, 1984, Sediment Pick Up Function, Journal of Hydraulic Engineering Vol 110. No 10.




DOI: https://doi.org/10.32679/jth.v4i1.275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Dery Indrawan, M. Cahyono, Arie Setiadi Moerwanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:
      
 
 
 
Sekretariat:
 
Direktorat Bina Teknik Sumber Daya Air, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.