Pemodelan Numerik Pengamanan Sungai Saddang Dengan Pemasangan Krib

James Zulfan, Dery Indrawan, F. Yiniarti

Abstract


Sungai Saddang merupakan salah satu sungai utama di Sulawesi Selatan yang melintasi beberapa desa dengan panjang sungai kurang lebih 181,5 km. Salah satu permasalahan yang ada pada sungai ini adalah adanya gerusan yang mengancam wilayah sungai tersebut terutama di sekitar dusun Bakoko. Hal tersebut terjadi di tikungan luar sungai karena aliran yang cukup deras dimana ruas sungai Saddang yang bermasalah merupakan ruas sungai yang berliku sehingga memicu terjadinya gerusan di tikungan luar sungai. Salah satu upaya pengendalian dan pengamanan sungai ini yaitu dengan perkuatan tebing dengan memasang krib untuk melindungi tebing sungai. Hal ini dilakukan agar kecepatan aliran di tikungan luar sungai bisa diperlambat sehingga tidak semakin menggerus tepi sungai, karena pada umumnya kecepatan aliran di tikungan terluar sungai lebih besar daripada kecepatan di sisi lainnya. Penelitian dilakukan dengan pemodelan numerik dari sungai Saddang khususnya di daerah Bakoko dengan menggunakan software MIKE 11 dan MIKE 21C untuk membantu simulasinya. Simulasi pemodelan dilakukan dengan 2 skenario yaitu skenario eksisting dan skenario dengan pemasangan krib. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemasangan krib di tikungan sungai Saddang khususnya di dusun Bakoko dalam rangka pengamanan sungai.

Keywords


Gerusan; krib; pemodelan numerik; sungai Saddang; tikungan sungai

References


Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang, Laporan Hidrologi SID Pengendalian Banjir S.Saddang Hilir/Babana Kab.Pinrang, 2010.

DHI Water & Environment, MIKE 11 A Modelling System for Rivers and Chanels User Guide, June 2002.

Daoed, Darwizal; M. Subhi NH; Junaidi, Pengaruh Variasi Geometri Tikungan Terhadap Karakteristik Penyebaran Sedimen dan Pembentukan Lapisan Armouring di Dasar Saluran, Laporan Hasil Penelitian Fundamental, Dikti, Dep. Diknas. 2006.

Daoed, Darwizal, Februarman, M. Subhi NH., Pengaruh Bentuk dan Superelevasi Tikungan Terhadap Pola Penyebaran Sedimen, Laporan Hasil Penelitian Fundamental, Dikti Dep. Diknas. 2009.

PT Trisnawati M, DHI Konsult Sdn. Bhd., MIKE 21C Training, 2008.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air, Laporan Akhir Penelitian Karakteristik Blok Beton Berkaki Dan Uji Model Bangunan Untuk Pengendalian Gerusan Lokal, Desember 2003.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air, Laporan Advis Teknik Pengamanan Sungai Saddang Provinsi Sulawesi Selatan, Agustus 2012.

Sidharta. dkk. Irigasi dan Bangunan Air, Universitas Gunadharma. Jakarta.1997

Zilliwu, Yuliman. Peranan Konstruksi Pelindung Tebing dan Dasar Sungai Pada Perbaikan Alur Sungai, Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur, Vol.7, No.11, ISSN 0852-2561. UTP Surakarta, 2010.




DOI: https://doi.org/10.32679/jth.v4i1.276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL TEKNIK HIDRAULIK

Indexed by:
   Sinta Science and Technology IndexCrossref logo 
 
       
 
 
 
Sekretariat:
 
Direktorat Bina Teknik Sumber Daya Air, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat