Peningkatan Debit Saluran Banjir Sedayu Lawas Dengan Modifikasi Inlet

Sarwono Sarwono, Kirno Kirno

Abstract


Bengawan Solo bagian hilir khususnya di daerah Bojonegoro, Lamongan, dan Gresik hampir setiap tahun terjadi banjir, khususnya pada musim hujan. Sebetulnya sudah dilakukan upaya pengendalian banjir, salah satunya berupa saluran pengelak banjir (flood way) dari desa Plangwot sampai Brondong dengan panjang kurang lebih 12,30 km. Tujuan dari bangunan ini adalah untuk mengalirkan sebagian debit banjir di Bengawan Solo langsung ke laut Jawa. Kapasitas flood way direncanakan mampu mengalirkan debit dari Bengawan Solo sebesar 640 m3/s. Dari pengamatan di lapangan banjir ternyatamasih tetap terjadi. Ada beberapa faktor penyebab antara lain: posisi mulut flood way diperkirakan kurang miring ke kanan terhadap arah aliran, pintu pengambilan kurang lebar, alur di beberapa ruas flood way terdapat endapan sedimen, dan kemungkinan adanya pengaruh pasang surut air laut. Untuk mengkaji pembagian debit flood way ini sudah sesuai dengan rencana dan untuk meningkatkan kapasitas ke flood way, maka perlu diadakan modifikasi yang sebelumnya diuji dengan uji model hidraulik fisik. Dari hasil uji model hidraulik fisik, kondisi eksisting ternyata menunjukkan pembagian debit tidak sesuai rencana. Setelah diadakan modifikasi perubahan bentuk mulut flood way serta menambah pelimpah berupa bendung tetap yang berada di sisi kanan dan kiri inlet gate, terjadi penambahan debit masuk ke flood way, sehingga upaya pengendalian banjir menjadi lebih baik.


Keywords


Pengendalian banjir, pembagian debit, saluran banjir, bendung tetap, kapasitas saluran

Full Text:

PDF

References


Balai Sungai. 2011. Buku Teknologi flood way Sedayu Lawas. Surakarta: Pusair.

Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo. 2010/2011. Pedoman Siaga Banjir Wilayah Sungai Bengawan Solo Musim Hujan. Surakarta. BBWS Bengawan Solo.

Jo. Adhi Karya, Waskita Karya. 2010. Gambar Galian/ Pengerukan Alur Flood Way Sedayu Lawas. Surakarta

Nippon Koei. 2004. Drawing Flood Way Main Chanel As- Built Drawing Of PackageF.

Perum Jasa Tirta I Perusahaan Umum Dan Sumber Air (DJA) V/3. 2010. Monitoring Tinggi Muka Air Sistem Wilayah Sungai Bengawan Solo. Surakarta: Perum Jasa Tirta I.

PT. Adhi Karya. 1991. Drawing Flood Way Main Chanel As Built Drawing . Surakarta.

PT. Jawa Baru.1999. Petunjuk dan Operasi dan Pemeliharaan Bendung Karet Sedayu Lawas. Surakarta.

SNI 3965:2008, Tata cara pembuatan model fisik sungai dengan dasar tetap. BSN

SNI 3411:2008, Tata cara pengukuran tinggi muka air pada model fisik. BSN

SNI 03-3408-1994, Pengukuran kecepatan aliriran pada model fisik dengan alat ukur tipe baling-baling. BSN




DOI: https://doi.org/10.32679/jth.v4i2.500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL TEKNIK HIDRAULIK

Indexed by:
   Sinta Science and Technology IndexCrossref logo 
 
       
 
 
 
Sekretariat:
 
Direktorat Bina Teknik Sumber Daya Air, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat