Karakteristik Hidraulik Dan Pengembangan Blok Beton Terkunci Tipe Kubus Kaki Enam Berdasarkan Uji Model Fisik 2D

Nuryanto Sasmito Slamet, Marta Nugraha Hidayat

Abstract


Pengembangan Blok Beton Terkunci (BBT) diinisiasi dalam bidang pengamanan pantai untuk mengamankan dan melindungi infrastruktur di daerah pantai dari bahaya gelombang. Namun demikian dengan kemudahan dan keseragaman yang baik dari Blok Beton, maka adaptasi Blok Beton dalam bidang sungai mulai dikembangkan. Kerusakan yang terjadi pada beberapa BBT-TKE di lapangan dapat dikelompokkan pada kerusakan susunan di lapangan serta kerusakan strukturnya. Kelemahan ini diperbaiki dan dijadikan acuan sebagai dasar untuk pengembangan BBT-TKE. Untuk mendapatkan karakteristik gerak mula BBT-TKE maka uji model hidraulik dua dimensi dilaksanakan di saluran kaca. Penyelidikan ini menggunakan model tanpa distorsi dengan skala model 1:33 ?. Penyelidikan di fokuskan pada kecepatan minimal yang dapat menggerakkan model BBT-TKE. Hasil penyelidikan menunjukkan bahwa material BBTTKE mempunyai bagian paling lemah pada susunan paling. BBT-TKE mengalami penurunan kinerja dengan bertambahnya jumlah lapisan yang disusun akibat dari efek pembendungan yang terjadi. Secara satuan pengembangan BBT Tipe Kubus Kaki Enam hasil pengembangan dapat meningkatkan kecepatan aliran minimal yang menggerakkan dari 1,3 m/s menjadi 2,07 m/s. Pengujian secara tersusun menunjukkan rentang pergerakan BBT Tipe Kubus Kaki Enam hasil pengembangan berkisar pada kecepatan 0,55 m/s hingga 3,21 m/s, sedangkan BBT Tipe Kubus Kaki Enam berada pada kisaran 0,7 m/s hingga 1,7 m/s.

Keywords


Angka Froude; blok beton terkunci tipe kubus kaki enam (BBT-TKE), kecepatan gerak mula; model tanpa distorsi 2D; skala model

Full Text:

PDF

References


Bakker, Pieter., dkk., 2003. Development of Concrete

Breakwater Armour Units.

Chow, V.T., 1959. Open Channel Hydraulics.

McGraw-Hill, New York.

Pusat Litbang Sumber Daya Air., 2003. Penelitian

Karakteristik Blok Beton Berkaki dan Uji

Model Bangunan untuk Pengendalian

Gerusan Lokal.

Pusat Litbang Sumber Daya Air., 2003. Hydraulic

Model Test with Two Dimensional Model

on Emergency Measures for Rehabilitation

of Jatimlerek Rubber Dam in The Brantas

River.

Pusat Litbang Sumber Daya Air., 2004. Hydraulic

Model Test on Permanent Measures for

Rehabilitation of Jatimlerek Rubber Dam

on The Brantas River.

Yang, C.T., 1996. Sediment Transport Theory and

Practice. McGraw-Hill.

Yiniarti. F., 2011. Angkutan Sedimen I (Bahan Ajar).

Institut Teknologi Bandung




DOI: https://doi.org/10.32679/jth.v4i2.517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL TEKNIK HIDRAULIK

Indexed by:
   
     
 
 
 
Sekretariat:
 
Direktorat Bina Teknik Sumber Daya Air, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.